Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Kebut Penyusunan RPJMD, Bupati Pessel Minta Perangkat Daerah Fokus Pada Penanganan Covid-19

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar didampingi Wabup Rudi Hariansyah, saat apel pagi Jumat (12/3/2021)

Pesisir Selatan-- Dalam mempercepat penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar meminta perangkat daerah dan tim penyusun fokus pada penanganan Covid-19. 

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengatakan, dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, harus fokus pada penanganan Covid-19. 

Sebab, menurut Bupati, dampak wabah atau Covid-19 yang menyerang seluruh wilayah Indonesia termasuk Pesisir Selatan, membuat persadian ekonomi, pendidikan dan lainnya memburuk ketingkat yang sangat sulit. 

Sehingga, selain upaya dari pemerintah pusat dan provinsi. Tentunya, pemerintah daerah harus berperan penting dalam penaganan Covid-19, dan mampu mencarikan solusi dari keterpurukan ekonomi yang tengah melanda seluruh lapisan masyarakat. 

"Kita harus mampu bangkit dari keterpurukan ekonomi yang disebabkan oleh Covid-19. Maka dengan itu, dalam penyusunan RPJMD harus fokus dan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19, "sebutnya pada wartawan Jumat (12/3/2021). 

Untuk itu, Kata Bupati, ia meminta perangkat daerah (OPD) melalaui refokusing anggaran, untuk tidak memaksakan program-program atau kegiatan yang sifatnya tidak terlalu mendesak. 

"Selain Covid-19, kita utamakan dulu kepentingan masyarakat yang disampaikan dalam musrembang. Agar setiap kegiatan dan program pemerintah tepat dan sesuai sasaran yang dibutuhkan masyarakat kita, "tegasnya. 

Lanjutnya, alternatif lain yang perlu dikembangkan oleh pemerintah daerah kedepanya yaitu pelabuhan penasahan Painan. 

Sebab, dilihat dari keberadaan dan posisi strategis wilayah Pesisir Selatan, yang terletak di pinggir pantai dan memiliki laut. Sangat, perlu rasanya satu pelabuhan sebagai akses perdagangan dikembangkan. 

"Kita memiliki akses laut yang mesti dimanfaatkan, ditambah lagi sudah ada pelabuhan penasahan. Tinggal pengembangannya bagai mana jalur ini menjadi akses utama seperti pengangkutan CPO sawit dan jalur perdagangan lainnya. Nah, kita yakin ini akan menjadi sumber peningkatan ekonomi masyarakat di Pessel, dan kita akan upayakan kedepanya pengembangan pelabuhan penasahan, "tutupnya.

Semoga Bermanfaat..😇

Tunggu Postingan Selanjutnya...

Protected by Copyscape

Jangan lupa berlangganan di Email kami, supaya tidak ketinggalan Update terbaru dari Tanaman Tuo ini.

 


Putra_Jambak Wartawan disalah satu media di Sumatera Barat (Sumbar)

Posting Komentar untuk "Kebut Penyusunan RPJMD, Bupati Pessel Minta Perangkat Daerah Fokus Pada Penanganan Covid-19"

Email Hosting