Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Hadir dan Pimpin Upacara Santri di Ponpes Sabilul Jannah, Bupati Pessel Sampaikan Kado Istimewa dari Presiden

Foto Istimewa
Tanaman Tuo-- Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Rusma Yul Anwar, hadiri sekaligus pimpin upacara memperingati Hari Santri Nasional (HSN) di Pondok Pesantren Sabilul Jannah Timbulun, Kecamatan Sutera, pada Sabtu (23/10/2021). 

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan kado istimewa dari Presiden RI Jokowi yaitu dana abadi untuk seluruh pondok pesantren yang ada di Indonesia dalam Perpers Nomor 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Pesantren yang mengatur tentang Dana Abadi Pesantren.

Menurut Rusma Yul Anwar, kado istimewa dari presiden dalam Perpers Nomor 82 Tahun 2021 itu, menandakan bahwa sangat pentingnya kehadiran sekolah atau lembaga pendidikan agama dalam suatu kemajuan negara terutama daerah. 

"Kehadiran pesantren memang sangat perlu kita dukung sebaik-baiknya. Sebab, pondok pesantren merupakan satu lembaga pendidikan yang kuat dalam membentuk karakter generasi bangsa dengan akhlak yang baik serta bermartabat,"ucap Bupati Rusma Yul Anwar. 

Kemudian kata Bupati, menjadi pimpinan upacara yang menampilkan ciri khas ke agamaan dari pondok pesantren ini merupakan pertama kali dilaksanakannya. 

"Sangat luar biasa, ini merupakan pertama kalinya. Terutama, melihat para santri dengan pakaian sopan lengkapnya ketika mengibarkan sang pusaka merah putih. Upacaranya, sangat luar biasa,"katanya. 

Seperti diketahui, dalam upacara memperingati HSN 2021 tahun ini di pondok pesantren Sabilul Jannah, juga hadir pimpinan Ponpes Sabilul Jannah, Dalisman. Forkopimca, Kabag Kesra Pessel , Yolly Aang Sofria dan Wali Nagari se Sutera. Hadir juga Kabag Binkar Ro SDM Polda Sumbar, AKBP. Cepi Noval mantan Kapolres Pessel. 

Usai melaksanakan upacara, Bupati Rusma Yul Anwar juga mendampingi proses Vaksinasi di pondok pesantren tersebut, dan vaksinasi disekolah itu dibuka pertama kali oleh pimpinan Pondok Pesantren Dalisman dan Kepala KUA Sutera Toni Nasrianto. 

Lanjut Bupati menyampaikan, ia berpesan kepada seluruh santri pondok pesantren Sabilul Jannah dan seluruh santri yang ada di Pesisir Selatan, untuk tetap menjadi generasi muda yang berkarakter kuat terutama untuk daerah. 

"Mari kita sama-sama bekerja sama dalam membangun masyarakat yang berkarakter, berakhlak mulia untuk memajukan daerah,"tutupnya. 

Terpisah, Pimpinan Pondok Pesantren Sabilul Jannah, Buya Dalisman mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat dalam memperingati hari kebesaran para santri di Indonesia di sekolah tersebut. 

"Alhamdulillah, kita mendapatkan dukungan dan respon yang cukup kuat dari berbagai kalangan. Artinya, keberadaan pondok pesantren dan kepudulian terhadap para santri, memang sesuatu hal yang diharapkan oleh seluruh kalangan yang ada,"katanya. 

Kemudian di hari santri tahun ini, selaku pimpinan pondok pesantren, ia berharap seluruh pondok pesantren yang ada bisa semakin maju dan mengasilkan para generasi muda yang memiliki akhlakul karimah dan bisa memberikan perubahan besar terhadap negara dan daerah terutama dikalangan masyarakat. 

"Muda-mudahan, kedepannya seluruh lembaga pendidikan agama terutama pondok pesantren semakin berkembang. Terutama, pondok pesantren Sabilul Jannah ini, baik dari segi keilmuan maupun fasilitasnya,"harapnya. 

1 komentar untuk "Hadir dan Pimpin Upacara Santri di Ponpes Sabilul Jannah, Bupati Pessel Sampaikan Kado Istimewa dari Presiden"

Email Hosting