Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketahui Tanda Tanda Sebelum Peristiwa terjadi

Tanaman Tuo-- Gunung Semeru atau Gunung Meru adalah sebuah Gunung Berapi Kerucut di Jawa Timur , Indonesia. Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Gunung ini terbentuk akibat Subduksi Lempeng- indonesia-Australia kebawah Lempeng Euarasia. Gunung Semeru juga merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah Gunung Kerinci di Sumatera Barat dan Gunung Rinjani di Nusa Tenggara BaratKawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Pada tahun 1913 dan 1946 ,Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 m hingga akhir November 1973. Di sebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang

Secara analisis visual sebelumnya, asap kawah tidak teramati saat Gunung Semeru meletus. Serta, terjadi guguran lava dengan jarak luncur 500-800 meter, dengan pusat guguran 500 meter di bawah kawah.

Sedangkan, dari analisis kegempaannya diketahui bahwa telah terjadi gempa vulkanik yang berkaitan dengan letusan, guguran dan hembusan asap kawah sebanyak 54 kali gempa letusan atau erupsi, 4 kali gempa guguran, dan 18 kali gempa hembusan.

Sehingga, erupsi Gunung Semeru yang terjadi siang hari ini membuat masyarakat di sekitar kawasan tersebut khawatir, 

Semoga Cepat Pulih Semeru dan buat warga sekitar, tetap waspada dengan bencana ini.


Semoga Bermanfaat..😇
Tunggu Postingan Selanjutnya...

Protected by Copyscape

Jangan lupa berlangganan di Email kami, supaya tidak ketinggalan Update terbaru dari Tanaman Tuo ini.

Posting Komentar untuk "Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketahui Tanda Tanda Sebelum Peristiwa terjadi"

Email Hosting