Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Kelompok Literasi di SMKN 1 Sutera-Pessel, Berhasil Menerbitkan Satu Buku Yang Berjudul "Senja Itu Tidak Lagi Sama"

Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suriati saat mengenalkan sebuah buku hasil karya dari kelompok literasinya kepada Wartawan. (Istimewa)


Tanaman Tuo -- Kelompok literasi yang didirikan dari sekumpulan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil meluncurkan sebuah buku yang berjudul "Senja Itu Tidak Lagi Sama". 

Kepala Sekolah SMKN 1 Sutera, Lili Suriati mengatakan, buku "Senja Itu Tidak Lagi Sama" tersebut, merupakan hasil dari sekumpulan cerpen yang diseleksi dari siswa yang tergabung dalam kelompok literasi yang ada di sekolah. 

"Alhamdulillah, kelompok literasi melalui program (Pojok Baca) kita di sekolah, sudah berhasil diterbitkan sebuah buku dengan ISBN-978-623-946425-4. Buku ini terbit pada tahun 2021 ini,"sebutnya pada Wartawan Tanaman Tuo, Rabu (15/12/2021). 

Ia memaparkan, berhasilnya menerbitkan sebuah buku ini tidak lepas dari upaya kelompok literasi (Pojok Literasi) yang didirikan pada tahun 2020 lalu. 

Dimana, kelompok literasi ini didirikan bertujuan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya menulis siswa di sekolah. Sebagaimana yang dianjurkan oleh Menteri Pendidikan untuk mengharuskan Program Literasi bagi seluruh sekolah yang ada. 

"Meskipun masih belum sempurna atau banyak kekurangan. Tapi, dengan terbitnya buku ini cukup berdampak positif dalam meningkatkan minat baca dan menulis siswa. Begitupun, dengan guru yang ikut bekerjasama mendampingi kelompok literasi ini,"ucap Lili Suriati. 

Menurutnya, selain memacu minat baca dan menulis. Program literasi ini dapat memacu minat belajar siswa secara mandiri dan produktif. 

Sehingga, para siswa tidak hanya berpacu pengetahuan berdasarkan bidang-bidang jurusannya saja. Tetapi, mereka bisa menambah wawasan, diskusi dan menulis dibidang-bidang yang lain. 

"Karena sekolah kejuruan. Jadi kita tidak ingin, siswa kita memiliki kemampuan dibidang Mesin, Akutansi, Listrik dan Teknik Audio Video Saja. Tapi, juga memiliki pengetahuan dibidang sastra,"sebutnya

Dikatakannya, buku ini merupakan sebuah cerpen yang dikumpulkan dari seluruh siswa yang ikut berpartisipasi dalam kelompok literasi sekolah. 

Kemudian, siswa yang ikut diarahkan untuk menulis beberapa karya berupa cerpen sebaik-baik mungkin. Lalu, dari seluruh cerpen itu diseleksi. 

"Nah, berdasarkan seleksi tersebut dapatlah 3 cerpen dari tiga siswa terbaik. Lalu digodok dan digabungkan dalam sebuah buku yang berjul "Senja Itu Tidak Lagi Sama,"katanya. 

Lili Suriati menceritakan, buku ini bekisah tentang seorang mbak-mbak yang berbuat baik kepada seorang gadis kecil, dan mbak itu memilih untuk mengangkatnya sebagai anak dan merawat si gadis keceil bernama Kiara sampai besar.  

Selepas ia merawat Kiara, kehidupannya berubah drastis dan dilimpahi karunia berlebihan dari sang pencipta. 

"Kesimpulannya, ketita kita berbuat baik dan tulus kepada seseorang. Maka yang baik akan datang pula kepada kita,"ujarnya menceritakan sepenggal isi buku tersebut. 

Lanjutnya, untuk penerbitan buku ini, pihak sekolah bekerja sama dengan Sea Meo salah satu kelompok atau lembaga yang bergerak dibidang literasi. 

"Tidak hanya menulis cerpen. Siswa juga diarahkan untuk membuat buletin dan buletin yang bagus juga akan diterbitkan oleh tim Sea Meo, dan ia berharap, dengan ini kedepannya siswa bisa terus berkarya dan memunculkan ide-ide baru dalam penulisan sebuah buku,"tutupnya. 


Semoga Bermanfaat..😇
Tunggu Postingan Selanjutnya...

Protected by Copyscape

Jangan lupa berlangganan di Email kami, supaya tidak ketinggalan Update terbaru dari Tanaman Tuo ini.


Posting Komentar untuk "Kelompok Literasi di SMKN 1 Sutera-Pessel, Berhasil Menerbitkan Satu Buku Yang Berjudul "Senja Itu Tidak Lagi Sama""

Email Hosting