Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Suntikan DAK Untuk Pembangunan Irigasi pada Tahun 2022 di Pessel Hanya Rp4,9 Miliar

Foto. Kepala Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Pessel. Novi Irawan.(Istimewa)

Pesisir Selatan--Suntikkan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasi untuk pembangunan jaringan irigasi di Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) di tahun 2022 hanya sebesar Rp 4,9 miliar. 

Kepala Bidang Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Pessel, Novi Irawan mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun 2021, suntikkan DAK untuk pembangunan fisik irigasi di daerah tersebut ditahun 2022 mengalami pengurangan. 

Dimana, pada 2021 anggaran pembangunan irigasi yang bersumber dari DAK di Pesisir Selatan yaitu sebesar Rp5,7 miliar. Sedangkan di 2022 hanya Rp 4,9 miliar. 

"Ya, DAK kita tahun 2022 sedikit berkurang dibandingkan 2021. Hal itu disebabkan dampak pandemi Covid-19,"sebutnya pada wartawan Kamis (2/12/2021). 

Meskipun berkurang dari tahun lalu kata Novi, Pesisir Selatan masih tetap masuk dalam skala atau lokasi prioritas penerima DAK di tahun 2022. Khusunya untuk pembangunan fisik jaringan irigasi. 

"Memang ada pemangkasan anggaran dari pusat. Tapi, dari 11 Kabupaten/kota di Sumbar. Pessel termasuk nomor 2 paling besar penerima DAK untuk 2022 setelah Lima Puluh Kota,"ujarnya. 

Ia menerangkan, dari besaran anggaran Rp4,9 miliar itu ada sebanyak 5 titik DI atau pembangunan fisik irigasi yang akan dibangun pada tahun depan. 

"Titik pembangunannya, tersebar di beberapa kecamatan seperti, di IV Jurai, Linggo Sari Baganti, Pancung Soal dan Ranhul dan Tapan,"ucapnya. 

Sementara, untuk DAK di tahun 2021 dengan besaran anggaran sebesar Rp5,7 miliar ada sebanyak 8 titik. Seperti, di Tarusan, IV Jurai, Batangkapas, Ranah Pesisir, dan Air Pura. 

Kemudian, progres pembangunan irigasi yang bersumber dari APBD murni untuk tahun depan dianggarkan sebesar Rp1,08 miliar sebanyak 9 titik. 

"Dari APBD murni paling banyak melalui Aspirasi Dewan dan dari kita di Dinas PU hanya ada 2 titik pembangunan saluran irigasi yang berada di Kecamatan Sutera,"tuturnya. 

Selain fokus pada pembangunan jaringan irigasi lanjut Novi, pihaknya juga memfokuskan perbaikkan irigasi melalui pemetaan dan perkembangan saluran irigasi secara berkala. 

"Agar proses perbaikkan saluran irigasi mulai dari pembangunan, dan perawatan bisa menjadi tepat sasaran. Sehingga, berdampak positif terhadap hasil produksi petani didaerah kita,"tutupnya.

Semoga Bermanfaat..😇
Tunggu Postingan Selanjutnya...

Protected by Copyscape

Jangan lupa berlangganan di Email kami, supaya tidak ketinggalan Update terbaru dari Tanaman Tuo ini.


Putra_Jambak Wartawan disalah satu media di Sumatera Barat (Sumbar)

2 komentar untuk "Suntikan DAK Untuk Pembangunan Irigasi pada Tahun 2022 di Pessel Hanya Rp4,9 Miliar"

Email Hosting