Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Bakal Hadir, Wisata Eksklusif Pulau Simangki di Pesisir Selatan

Bupati Pessel, Rusma Yul dan Pimpinan Bank Nagari Cabang Painan, Helfiyanrika

Tanamantuo--Daerah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) yang dijuluki "Negeri Sejuta Pesona" terus menghadirkan kawasan objek wisata unggulan. Kali ini, bakal hadir kawasan wisata eksklusif di daerah tersebut, yaitu Pulau Simangki yang berada tepat dibelakang Pulau Cingkuak, Carocok Painan.

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, mengatakan, untuk pengembangan objek wisata Carocok Painan, kini pemerintah daerah mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp5,6 miliar untuk pengembangan pulau Simangki. 

"Ya, kita menerima bantuan pengembangan pulau Simangki dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenkraf) sebesar Rp 5,6 miliar, dan batuan itu untuk membangun fasilitas lengkap di Pulau Simangki, Painan,"katanya pada Covesia.com Sabtu (19/2/2022). 

Ia menerangkan, pulau Simangki akan di bangun dengan fasilitas lengkap dan bakal dijadikan kawasan objek wisata unggulan yang baru. Tapi, konsepnya bersifat eksklusif. 

"Karena kita sudah punya dua wisata unggulan seperti Carocok dan Mandeh, kini melalui program Kemenkraf. Kita tambah lagi, wisata unggulan kita yaitu wisata eksklusif,"terang Bupati. 

Pulau Simangki yang dikembangkan ini ada dua, yaitu pulau Simangki besar dan pulau Simangki kecil, dan pulau ini saling berdekatan. 

"Ada Simangki besar dan Simangki kecil dan pulau ini bersebelahan. Nanti, antara dua pulau ini akan saling berhubungan dalam satu paket. Karena, bakal dibangun jembatan apung antar dua pulau ini,"ucapnya. 

Ia menambahkan, untuk izin pengembangan pulau mulai dari kelengkapan dokumen izin seperti UKL dan UPL sudah selesai dibuat oleh dinas terkait. 

"Pembangunan akan dimulai pada Maret 2022 dan ditargetkan selesai Desember 2022,"ujar Rusma Yul Anwar. 

Seperti diketahui, Pesisir Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki banyak distinasi wisata yang cukup menarik dan tidak kalah indah dibandingkan dengan Kabupaten/kota lain yang ada di Sumatera Barat, terutama untuk kawasan objek wisata Pulau yang kini sudah sangat terkenal dan diminati wisatawan. 

Selain wisata pulau, dimana daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu juga memiliki berbagai distinasi wisata alam yang lengkap seperti objek wisata, gunung, jembatan akar dan juga air terjun seperti pemandian. 

"Karena Pessel memiliki cukup banyak pulau, sangat perlu rasanya Pessel, harus memiliki wisata ekslusif seperti Pulau Simangki ini, dengan tujuan menggait wisatawan mancanegara maupun lokal,"tutupnya. 

Sejauh ini, kawasan wisata pulau yang cukup populer dan dikenal bahkan, sangat diminati di Pesisir Selatan, oleh wisatawan diantaranya, Teluk Mandeh, Puncak Nona, Pulau Setan, Pulau Saronjong Gadang, Pulau Seronjong Ketek, Pulau Cubadak, Hutan Magrove, Pulau Kapo-kapo, Air Terjun Sungai Gemuruh dan Pulau Taluk Sikulo di Kecamatan Koto XI Tarusan,  dan wisata Pulau Cingkuak dan Pulau Batu Kareta di Painan. 

Lanjutnya, pulau Simangki besar dan Simangki kecil terletak di belakang Pulau Cingkuak di kawasan Pantai Carocok Painan, dari Carocok Painan untuk sampai ke pulau Simangki hanya menempuh jarak selama 20 menit menggunakan kapal atau boat. 

"Jaraknya tidak terlalu jauh hanya 20 menit menggunakan kapal angkut wisatawan. Untuk pengelolaannya nanti, bisa jadi dikelola oleh pihak ketiga atau Pemda. Kita lihat aja nanti bagai mana baiknya,"tutup Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar. 

Foto. Pulau Simangki di kawasan objek wisata Carocok Painan, Pessel. (Indra Yen)


Sumber : covesia.com


Semoga Bermanfaat..😇
Tunggu Postingan Selanjutnya...

Protected by Copyscape

Jangan lupa berlangganan di Email kami, supaya tidak ketinggalan Update terbaru dari Tanaman Tuo ini.

Posting Komentar untuk "Bakal Hadir, Wisata Eksklusif Pulau Simangki di Pesisir Selatan"

Email Hosting