Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Sudah Tidak Bisa Dilalui, Warga di Pessel Ini Terpaksa Goro Untuk Perbaiki Jembatan Rusak

Foto. Indra Yen

TanamanTuo.com -- Tidak bisa dilalui karena rusak parah, warga kampung Lansano, Nagari Lansano Taratak, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terpaksa harus goro bersama untuk memperbaiki akses jembatan yang rusak parah, pada Rabu (15/2/2023). 

Berdasarkan pantauan wartawan dilapangan, terlihat puluhan warga dikampuang tersebut harus goro bersama untuk memperbaiki jembatan yang telah rusak sejak beberapa hari yang lalu. 

"Karena telah rusak parah dan tidak bisa dilalui, mautak mau kami harus goro untuk memperbaiki jembatan tersebut,"kata Irwan salah seorang warga setempat.

Sebab katanya, akses jembatan ini merupakan akses utama nelayan di Kecamatan Sutera apabila hendak kemuara Lansano, dan juga akses utama pengendara membawa hasil tangkap ikan dari Muaro Lansano. 

"Akses jalan disini tidak boleh putus karena akses untuma nelayan untuk membawa hasil tangkap ikannya setiap pagi,"ujarnya. 

Untuk itu, pihak pemuda, warga dan nelayan bersama pemerintah nagari saling berbahu untuk memperbaiki jembatan yang sudah rusak parah ini. 

"Alhamdulillah sekarang sudah bisa dilewati dan ini kami lakukan dengan swadaya dan peralatannya kami kumpulkan secara sumbangan dan partisipasi masyarakat dan nelayan,"tuturnya. 

Sementara itu, wali nagari Lansano Taratak, Nopen Hendri mengatakan, goro bersama warga ini sudah dimulai sejak kemarin dan sampai hari ini. Itu dilakukan supaya akses menuju muara Lansano Taratak tidak terputus. 

"Akses ini tidak bisa terputus sebab ini akses utama perekonomian masyarakat disini bahkan di Kecamatan Sutera,"katanya. 

Robohnya dan goro untuk memperbaiki jembatan ini sudah berulang kali dilakukan oleh warga sejak tahun 2020 lalu. 

"Kondisi jembatan ini rusak sudah sejak 2020 lalu dan goro sudah 4 kali kami lakukan sampai sekarang,"ucapnya. 

Untuk usulan ke pemerintah kabupaten sebutnya, sudah beberapa kali diusulkan terkait kondisi jembatan yang sudah rusak parah. 

"Sudah kami usulkan beberapa kali ke pemerintah kabupaten. Karena akses jalan ini merupakan kewenangan kabupaten,"ungkapnya. 

Sejauh ini berdasarkan informasi terbaru, tambah wali, jembatan ini bakal di perbaiki dalam tahun ini oleh pemerintah daerah melalui dinas PU. 

"Informasinya dalam tahun ini diperbaiki tapi kita masih menunggu muda-mudahan secepatnya,"harapnya. 

Foto Istimewah Indra Yen

Secara terpisah, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pessel, Devitra Samsu Radini mengatakan, bahwa jembatan di menuju muara Lansano Taratak bakal diperbaiki dalam tahun ini. 

"Ya, tahun ini bakal di perbaiki dari dana pokir salah seorang anggota DPRD dapil III, berapa total biayanya dan pasti bulannya saya lupa. Pokonya pasti di dalam tahun ini,"singkatnya


Semoga Bermanfaat..😇 Tunggu Postingan Selanjutnya... Jangan lupa berlangganan di Email kami, supaya tidak ketinggalan Update terbaru dari Tanaman Tuo ini.

Posting Komentar untuk "Sudah Tidak Bisa Dilalui, Warga di Pessel Ini Terpaksa Goro Untuk Perbaiki Jembatan Rusak"

Email Hosting