Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

Isi Ceramah Maulid Nadi di Kaum Suku Kampai Air Pura, Buya Syaprisal Apresiasi Kinerja dan Kekompakan Kaum Kampai


Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Nagari Damar Lapan Batang, Air Pura. 

Tanamantuo.com--Diminta mengisi ceramah agama pada acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW oleh kaum suku Kampai di Nagari Damar Lapan Batang, Kecamatan Air Pura, Kabupaten Pesisir Selatan, buya Syaprisal apresiasi kinerja dan kekompakan kaum tersebut. 

Seperti diketahui, kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan oleh Kaum Kampai itu dilaksanakan pada Minggu (23/9/2023) lalu. Kegiatan berlangsung sejak pukul 21.00 WIB sampai selesai. 

Dalam kesempatan itu, buya Syaprisal diminta menjadi penceramah agama oleh tuo suku kaum kampai dan kegiatan itu dilaksanakan di Balai Pertemuan Kaum Kampai yang ada di Nagari Damar Lapan Batang. 

"Alhamdulillah saya diminta untuk mengisi ceramah agama dalam kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H,"sebut Buya Syaprisal. 
Saat mengisi ceramah agama, ia merasa tersentuh melihat antusias, kekompakan dan kokohnya persatuan kaum suku Kampai yang ada disana. 

"Saya sampai tersentuh melihat antusiasnya masyarakat dari kaum kampai disana, yang hadir juga cukup banyak lebih kurang ada sekira 200 orang,"ucap Buya. 

Selain itu, Buya Syaprisal juga sangat memberikan apresiasi kepada kaum kampai disana dengan semangat dan kekompakan kaum bisa berdiri sebuah balai adat. Meski saat ini, gedung balai adat itu masih terbangkalai dan belum siap sepenuhnya. 

"Salut saya, bisa beridrinya balai adat yang cukup besar. Memang belum selesai tapi ini adalah bentuk perjuangan dan kepedulian terhadap adat dan budaya kita Minang Kabau,"tuturnya. 

Apalagi katanya, diiringi dengan kegiatan agama seperti ini dan kegiatannya tidak berfokus kepada persoalan adat dan budaya saja. 

"Artinya, kaum kampai memang berpegang teguh pada semboyan kita Minang Kabau yaitu adat basandi sarak, sarak basandi kitabullah,"terangnya. 

Lanjutnya, ia berharap kepedulian dan kekompakan terhadap agama, adat dan budaya yang digaungkan oleh kaum kampai ini menjadi contoh untuk masyarakat lainnya yang ada di Pesisir Selatan. 

"Jangan sampai hanya kegiatan, kekompakan dan kepedulian ini hanya ada di Kecamatan Air Pura saja, harapnya juga seperti ini di kecamatan lainya yang ada di Pessel dan juga oleh suku-suku lain di daerah kita,"harapnya Buya Syaprisal. 

Kendati demikian, melihat kondisi bangunan balai adat kamu kampai ini yang masih terbangkalai, ia meminta kepada dermawan yang ada diluar sana bisa membantu dan mengulurkan tanggannya untuk meringankan beban yang sedang diperjuangkan oleh kaum kampai. 

"Ya, kita minta kepada dermawan diluar sana untuk bisa membantu sanak saudara kita dari kaum kampai dalam membangun balai adat ini. Mari kita sama-sama peduli terhadap kekokohan dan kekompakan atas kepedulian kita dalam mempertahankan adat dan budaya Minang Kabau kita ini,"pungkasnya Buya Syaprisal. 

Selain kaum dari kampai, dalam kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW tersebut, juga dihadiri oleh tetua kaum dari suku lain, seperti tuo kaum suku Caniago, Jambak, Sikumbang dan lainnya. Kemudian turut hadir, Wali Nagari Damar Lapan Batang, Ambril dan tokoh masyarakat setempat. 

Pada sambutannya, Wali Nagari Damar Lapan Batang Amril juga memberikan apresiasi kepada masyarakat kaum kampai dan kegiatan positif lainnya yang di adakan oleh kaum lainnya di Nagari Damar Lapan Batang, Air Pura. 

Selain itu, ia juga akan terus mendukung setiap kegiatan adat dan keagamaan yang diadakan oleh tetua kaum dari berbagai suku lain yang ada di Kenagariannya. 

"Insyaallah kita dari nagari akan terus mendukungnya, apapun itu bentuk kegiatan adat istiadat di Nagari kita,"singkatnya. (YN).

Putra_Jambak Wartawan disalah satu media di Sumatera Barat (Sumbar)

Posting Komentar untuk "Isi Ceramah Maulid Nadi di Kaum Suku Kampai Air Pura, Buya Syaprisal Apresiasi Kinerja dan Kekompakan Kaum Kampai"

Email Hosting