Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

"Bangkit Ekonomi dan Sejahtera Untuk Semua" Thema yang di Angkat Disnakertrans Solok Selatan


Padang Aro -- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Solok Selatan mengadakan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dengan tema "Bangkit Ekonomi dan Sejahtera Untuk Semua". Acara yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pencari kerja agar mampu bersaing di dunia kerja tersebut dilaksanakan di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solok Selatan pada Hari Senin (26/02).

Pelatihan ini diikuti oleh 96 peserta yang telah lulus seleksi yang ketat oleh Disnakertrans. Mereka akan menjalani pelatihan selama 24 hari di workshop Disnakertrans. Instruktur yang terlibat berasal dari Universitas Negeri Padang. Adapun materi pelatihan mencakup computer operator asisten, asisten pembuat pakaian, servis sepeda motor, garmen apreal advance, dan tata boga olahan durian.

Menariknya, sumber dana kegiatan ini berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), menunjukkan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja lokal.

Acara ini turut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Bupati Solok Selatan H. Khairunas, Wakil Bupati H. Yulian Efi, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti, serta pejabat dan forkopimda Solok Selatan.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda menyampaikan harapannya agar peserta mampu memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya. 

"Dalam dunia kerja, pengetahuan, keterampilan, dan mentalitas merupakan elemen penting yang harus dimiliki oleh calon pekerja. Persaingan semakin ketat, dan kami percaya pelatihan ini akan membantu meningkatkan kecakapan dan keahlian peserta," ujar Zigo.

Sementara itu, Bupati Khairunas menyampaikan data dari BPS 2023 yang menunjukkan penurunan angka pengangguran di Solok Selatan dari 3,71 persen pada tahun 2022 menjadi 2,57 persen pada tahun 2023. Beliau berharap agar semakin banyak masyarakat usia kerja di Solok Selatan yang siap bersaing dalam dunia kerja yang semakin ketat.

"Dinas terkait harus proaktif dalam memberikan informasi tentang ketenagakerjaan dan pengembangan keterampilan kepada masyarakat usia kerja di Solok Selatan. Kami juga mengajak perusahaan-perusahaan di wilayah ini untuk memberikan informasi tentang peluang kerja kepada masyarakat," tambah Bupati Khairunas.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan muncul lebih banyak tenaga kerja lokal yang kompeten dan siap berkontribusi dalam pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Solok Selatan.


Semoga Bermanfaat..😇 Tunggu Postingan Selanjutnya... Jangan lupa berlangganan di Email kami, supaya tidak ketinggalan Update terbaru dari Tanaman Tuo ini.

Posting Komentar untuk ""Bangkit Ekonomi dan Sejahtera Untuk Semua" Thema yang di Angkat Disnakertrans Solok Selatan"

Email Hosting