Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsterra

TPS Pilkada di Solok Selatan Berkurang 42 Persen, Ini Penjelasan KPU Solsel

SOLOK SELATAN, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Solok Selatan (Solsel), menggelar rapat koordinasi (Rakor) finalisasi pemetaan TPS bersama dengan seluruh jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), dilaksanakan KPU Solsel di Aula Hotel Pesona Alam Sangir, Kamis (30/5/2024).

Pemetaan TPS tersebut dilakukan berdasarkan hasil data sinkronisasi data KPU RI dari DP4 Kemendagri dengan data pemilu terakhir, sebanyak 128.609 pemilih

Dari hasil rakor tersebut, PLH Ketua KPU Solok Selatan, Elvira Roza menyampaikan KPU Solsel memproyeksikan 347 TPS untuk Pilkada 2024.

"Awalnya proyeksi TPS di 7 kecamatan se-Kabupaten Solok Selatan berjumlah 599 TPS pada Pemilu 2024, namun pada Pilkada 2024 berkurang sebanyak 42 persen," katanya 

Berkurangnya TPS ini diakibatkan adanya PKPU yang mengatur jumlah maksimal pemilih yang mana pada Pemilu maksimal 300 per TPS, namun pada Pilkada maksimal pemilih di TPS berjumlah 600 pemilih.

Adapun rincian jumlah TPS per-Kecamatan yaitu Sungai Pagu 53 TPS, Koto Parik Gadang Diateh 58 TPS, Sangir Jujuhan 27 TPS, Sangir Batang Hari 40 TPS, Pauh Duo 39 TPS, Sangir Balai Janggo 41 TPS, dan Terakhir Kecamatan Sangir sebanyak 89 TPS.

"Dari 347 TPS tersebut kita proyeksikan untuk jumlah Pantarlih yang akan melakukan Coklit sebanyak 524 orang, dengan pemilih yang berjumlah diatas 400 per-TPS diproyeksikan sebanyak 2 pantarlih," jelasnya lagi.

Jumlah TPS pada Pilkada 2024 juga mengalami pengurangan sebanyak 114 TPS jika dibandingkan pada Pilkada 2020 sebanyak 461 TPS.

"Karena pada Pilkada 2020 kondisi kita dalam masa pandemi covid-19, saat itu ada PKPU yang mengatur untuk mengurangi jumlah kerumunan sehingga TPS diperbanyak," jelasnya.

Dalam melakukan pemetaan TPS tersebut, KPU mempertimbangkan 4 aspek yaitu tidak menggabungkan Desa/Nagari, lalu memberikan kemudahan pemilih ke TPS, kemudian tidak memisahkan pemilih dalam satu KK pada TPS yang berbeda, dan terakhir memperhatikan aspek geografis lingkungan.

Posting Komentar untuk " TPS Pilkada di Solok Selatan Berkurang 42 Persen, Ini Penjelasan KPU Solsel"

Email Hosting